5 Cara Menjaga Kesehatan Badan



Bingung bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang baik? mau terhindar dari penyakit? dengan membaca blog ini, kamu dapat mengetahui dan bisa menjaga kesehatan badanmu sendiri ya!



1. Hindari Minuman Beralkohol




Penelitian mengatakan bahwa dengan membiasakan diri minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang bisa berakibat kerusakan otak, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan resiko penyakit jantung, kanker mulut, tenggorokan, hati dan kanker payudara. Minuman beralkohol hanya untuk sebagai selipan saja dan bukan untuk kebiasaan karena dapat menyebabkan ketergantungan yang susah diobati. Maka dari itu, hindari konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan ya!



2. Menjaga Kebersihan Diri




Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan yaitu dengan cara mendi setiap hari, rajin mencuci tangan terlebih setelah melakukan aktivitas, mencuci pakaian dengan teratur, dan masih banyak lagi.


3. Istirahat yang Cukup



Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes. Dengan istirahat yang cukup, dapat membantu pertumbuhan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempertajam ingatan kamu. Untuk orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-9 jam sehari, remaja 14-17 tahun 8-10 jam/hari, anak usia 6-13 tahun 9-11 jam/hari, dan balita usia 3-5 tahun 10-13 jam/hari.


4. Rajin Berolahraga




Olahraga kan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit. olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh.


5. Makan Makanan Bergizi



Aturlah pola makan dengan kiat menjaga asupan kalori & kandungan gizi yang seimbang. Dengan melakukan diet bukan berarti kita takmakan sama sekali di mana badan kita masihlah butuh asupan energi untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Saat sarapan anda bisa mengganti kuning telur ataupun keju yang biasa digunakan dalam campuran omelet dengan sayur-sayuran seperti brokoli, sawi ataupun jamur. Sayur-sayuran memiliki kalori yang rendah namun cukup mengenyangkan hingga siang hari.

Comments

Post a Comment