5 Macam Diet Sehat Yang Ampuh Menurunkan Berat Badan



Hai Semua,

Kamu lagi galau dengan berat badan yang kurang ideal? mau tau cara diet sehat dan alami yang tepat untuk menurunkan berat badan? Dengan membaca blog ini, Semoga bisa bermanfaat dan bisa nurunin berat badan kamu. ^^


1. Membuat Menu Makan Sehat



Aturlah pola makan dengan kiat menjaga asupan kalori & kandungan gizi yang seimbang. Dengan melakukan diet bukan berarti kita takmakan sama sekali di mana badan kita masihlah butuh asupan energi untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Saat sarapan anda bisa mengganti kuning telur ataupun keju yang biasa digunakan dalam campuran omelet dengan sayur-sayuran seperti brokoli, sawi ataupun jamur. Sayur-sayuran memiliki kalori yang rendah namun cukup mengenyangkan hingga siang hari.



2. Perbanyak minum air putih




Minum air putih yang cukup dapat membuat Anda memakan sedikit kalori. Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar. Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Partisipan dari penelitian yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibandingkan dengan yang tidak melakukan cara ini. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih, hindari minuman manis.



3. Menjaga Pola Tidur/ Istirahat Cukup



Ketika Anda kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu. Sedangkan, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu kerja hormon-hormon lain. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan ngidam makanan pun menjadi meningkat.



4. Aktif Bekerja dan Bergerak



Aktif bergerak juga bisa menurunkan berat badan, meskipun lama, tetapi dapat membakar kalori yang berlebihan. Anda juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri, tanpa meminta tolong pada orang. Membawa barang belanjaan Anda bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa Anda sadari. Jika Anda harus pergi ke toilet, pilihlah toilet yang sedikit jauh, pun dengan memilih parkiran dan tempat makan.

5. Olahraga




Awali dengan olahraga bangunlah lebih pagi dan mulai berolahraga di pagi hari. Tak perlu olahraga yang sulit seperti fitnes, aerobik atau yoga, Lari pagi 20 menit setiap hari pun cukup. Jadikanlah olahraga sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesehatan dan lakukan secara rutin tanpa harus menetapkan target. Misalnya ketika memasang target harus turun 5 kg dalam sebulan, motivasi untuk olahraga memang akan besar dan akan sangat besar manfaatnya jika rutin berolahraga.

Comments

Post a Comment